Adsense Link 728 X 15;

Apakah Rabies Itu?

Posted by AkmalBlog 3 Sept 2010 1 comments
Adsense Content. recommended 336 X 300
Rabies disebut juga penyakit anjing gila. Rabies adalah penyakit infeksi akut yang merusak susunan saraf pusat. Penyakit ini disebabkan oleh virus. Biasanya menyerang anjing, rubah, serigala, kera, sigung, kelelawar, dan binatang lainnya. Manusia pun bisa terserang penyakit ini. Virus itu ditularkan lewat air liur. Bisa lewat gigitan, bisa juga lewat percikan air liur pada kulit yang terluka. Virus itu lalu menjalar, menyerang urat saraf tulang belakang dan otak.

Gejala awal sakit rabies seperti influensa, yaitu demam, nyeri diseluruh tubuh, dan lemas. Bila penyakitnya sudah parah, penderita akan mengalami kejang pada otot kerongkongan. Akibatnya penderita tidak dapat menelan air liur, apalagi minum. Ia jadi takut melihat air. Karena itu penyakit ini disebut juga hidrofobia (takut air). Kedua mata penderita akan terbuka lebar dan menatap tajam. Kemudian ia bisa mengamuk. Kesadarannya makin lama makin menurun.

Untuk mencegah penyakit ini, binatang-binatang peliharaan yang bisa terserang penyakit rabies harus diimunisasi anti rabies. Bila digigit binatang yang dicurigai menderita penyakit anjing gila, luka gigitan harus dicuci dengan air dan sabun alkohol 50 persen. Bila perlu penderita disuntik dengan serum anti rabies. Ensiklobobo, Majalah Bobo no.21/XXVIII/00)
Adsense Content. bottom of article

1 comments:

Anonymous said...

Salam kenal,

Perkenalkan saya Romadona senang sekali melihat tampilan blog saudara (mas/mba)yang bagus sekali...membaca artikel saudara tentang rabies membuat saya tertarik karena sampai sekarang banyak kasus gigitan hewan penular rabies (GHPR) yang belum tertangani dengan benar. Penanganan luka gigitan yang salah dan pemberian vaksin anti rabies (VAR)yang terlambat menyebabkan banyaknya kasus meninggal tanpa disadari oleh penderita.
Selain itu juga masa inkubasi yang lama (14 hari-2 tahun) menyebabkan penderita GHPR menganggap remeh gigitan tersebut.

Senang berkenalan dengan saudara, andai tidak keberatan saya mohon bantuan untuk dapat membuat blog sebagus milik saudara.
Untuk jawaban saudara saya tunggu di email triada08@yahoo.com.

Terima kasih

Post a Comment

Komentar bernada SPAM dengan sangat terpaksa akan saya hapus