Adsense Link 728 X 15;

Cara Membuat Ketupat Lebaran

Posted by AkmalBlog 4 Sept 2010 0 comments
Adsense Content. recommended 336 X 300
Sebentar lagi lebaran tiba. Hari yang ditunggu-tunggu setelah selama sebulan penuh kita berpuasa. Pada hari lebaran biasanya setiap rumah akan menyediakan berbagai jenis makanan dan minumam untuk tamu-tamu yang akan datang bersilaturrahmi. Salah satu makanan khas yang tidak boleh ketinggalan pada waktu lebaran adalah ketupat.

Hal tersulit dalam membuat ketupat adalah membuat kulit ketupat. Sebagian orang bisa dengan mudah membuat ketupat, namun tentunya ada juga sebagian orang lainnya yang tidak bisa membuat ketupat. bagi yang tidak bisa membuat ketupat maka biasanya akan membeli dipasar ataupun memesan kepada tetangga yang pandai membuat ketupat.

Nah berikut ini akan saya coba berikan panduan bagaimana cara membuat ketupat dalam bentuk gambar, yang tentunya ini akan sangat membantu, semoga.

Bahan untuk merangkai:
1. Daun kelapa yang masih muda atau biasa disebut janur yang telah dibersihkan, pilih yang berwarna kuning cerah.
2. Pisau atau alat pemotong untuk memisahkan batang daun janur.

Untuk langkah-langkah bagaimana merangkai janur menjadi ketupat silahkan lihat gambar dibawah ini:



Setelah semua selesai saatnya kita membuat/mengisi ketupat tersebut. Berikut ini tata cara serta langkah-langkah membuat ketupat:

1. Pilih beras yang bermutu baik, kemudian cuci hingga benar-benar bersih. Rendam beras selama 3 jam dengan air bersih. Angkat, tiriskan, campur sedikit dengan kapur sirih. Jika beras yang dicuci kurang bersih, ketupat akan mudah berbau dan tidak tahan lama.
2. Pilih pembungkus ketupat yang anyamannya teratur dan rapat agar isi ketupat padat dan tampak putih bersih.
3. Isi kulit ketupat dengan beras sampai 3/4 penuh.
4. Sewaktu direbus ketupat harus terendam dalam air mendidih. Jika air akan habis, segera tambah dengan air mendidih. Lama memasak ketupat sekitar 4 jam.
5. Setelah matang, angkat. Simpan ketupat sambil diangin-anginkan dengan cara digantungkan.

( Sumber )
Adsense Content. bottom of article

0 comments:

Post a Comment

Komentar bernada SPAM dengan sangat terpaksa akan saya hapus