Adsense Link 728 X 15;

Semua tentang kerang. Apa yang anda tahu tentang kerang?

Posted by AkmalBlog 21 Sept 2010 1 comments
Adsense Content. recommended 336 X 300
Kerang adalah binatang bertubuh lunak. Tubuh yang lunak itu berada diantara dua keping cangkang yang keras. Kedua keping cangkang ini dihubungkan oleh otot yang berfungsi semacam engsel, sehingga cangkang itu bisa dibuka dan ditutup.

Kerang telah memiliki cangkang sejak kecil. Cangkang itu membesar dengan membesarnya tubuh kerang. Cangkang kerang terbuat dari sel-sel zat kapur yang dipak secara padat. Itu sebabnya cangkang kerang keras sekali, seperti tulang dan gigi kita yang juga terbuat dari zat kapur. Sel-sel zat kapur dikeluarkan oleh kelenjar yang terdapat ditepi cangkang bagian dalam (mantel). Bagian cangkang yang baru berbeda dengan bagian cangkang yang lama. Mereka terpisahkan oleh garis. Makanya, di permukaan cangkang terlihat garis-garis. Garis-garis ini menunjukkan bahwa cangkang itu tumbuh dari waktu ke waktu.

Kerang tak mempunyai kepala. Kalaupun ada, kepala itu tidak sempurna. Ia tak memiliki mata, juga antena. Ada bagian tubuhnya yang bisa dijulurkan dan ditarik kembali. Fungsinya sebagai kaki. Dengan “kaki”-nya itu kerang menggali lumpur atau pasir. Ya, karena kerang memang tinggal didasar lau, danau, atau sungai. Tetapi ia juga kadang ditemukan menempel pada benda-benda lain.

Kerang memiliki corong atau sifon yang bisa dijulurkan. Sifon ini gunanya untuk bernapas dan makan. Corong ini digunakan untuk menghisap air yang mengandung banyak oksigen dan plankton. Plankton adalah binatang atau tumbuhan yang kecil sekali. Di dalam tubuh kerang, oksigen diserap. Kemudian dikeluarkan lagi lewat insang. Insang ini menyaring plankton. Plankton itulah makanan kerang.

Jenis kerang bermacam-macam. Yang menghasilkan mutiara disebut kerang mutiara. Yang biasa dimakan di Indonesia adalah kerang hijau, kerang darah, kima, remis, dan sebagainya. Konon kerang yang bernama Mya Arenaria merupakan kerang termahal di dunia. (Ensiklo Bobo, Majalah Bobo no.19/XXIX/01)
Adsense Content. bottom of article

1 comments:

Anonymous said...

thanks blog nya, berguna bngtz :-)

Post a Comment

Komentar bernada SPAM dengan sangat terpaksa akan saya hapus